Selasa, 04 Juli 2017

Sudah pada tau kan apa itu Franchise? franchise atau disebut juga waralaba adalah memberikan hak kepada pihak lain untuk menjual/memanfaatkan/menggunakan merek dagang atau hak kekayaan intelektual lainnya dengan perjanjian bagi hasil atau kontrak kerja sebelumnya. tujuan di franchisekannya sebuah usaha adalah untuk mencakup pasar yang lebih luas.
Contoh franchise: si A punya usaha martabak yang sedang berkembang dan mulai terkenal dengan merek "Martabak pahit Bandung" lalu datang si B, si C, si D dan seturusnya menawarkan kerja sama. mereka juga ingin buka usaha martabak dengan merek "Martabak Pahit Bandung" agar lebih mudah mencari pembeli karena sudah banyak orang yang tau kalau "Martabak Pahit Bandung" rasanya memang enak. sedangkan si A ingin usaha martabaknya berkembang dan punya cabang di mana-mana. maka si A memberi ijin kepada si B,C,D dan seterusnya untuk membuka usaha martabak dengan merek "Martabak Pahit Bandung" dengan syarat mereka harus membayar 5% (hanya contoh) dari omset bulanan ke pada si A. dengan di setujuinya syarat dari si A maka disitu telah terjadi kesepakatan "Franchise"

si A sebagai pemberi Franchise di sebut Franchisor
si B,C,D dan seterusnya sebagai penerima Franchise di sebut Franchisee

John S Pemberton adalah Franchisor tersukses di dunia. dia adalah pendiri coca~cola

prinsip utama dari sebuah Franchise adalah "Keuntungan Bersama"

berikut adalah contoh waralaba di bidang makanan yang ada di Nusantara: CFC, Chicken popop, Martabak Spektakuler, Sabana, MCD, KFC dan Rendra's Chicken. yg terakhir di sebut masih dalam proses, Gan! wkwkwkw :D

sedangkan untuk contoh franchise di bidang retail minimarket adalah: Indomaret (sebut satu saja, udah faham kan yg sejenis ama indomart apa aja)

reff: wikipedia

3 komentar

Tes penampakan emoji komentar :p :* :( :) :"( =D (y) =( ^_^ ;) :D :P

Reply